Skip to main content

Deskripsi

Berdasarkan Permendikbudristek No.41 tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Tujuan

  1. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi.
  2. Mendorong masyarakat yang berbagai hal terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja kompetensi yang relevan untuk melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Tinggi.

 


 
uny

Daya Tampung Program RPL Jenjang Magister (S2) Tahun 2023/2024

580

icon

RPL MAGISTER (S2)

Program RPL untuk jenjang Magister (S2) dibuka untuk 30 program studi di 7 fakultas dan sekolah pascasarjana


INFO PRODI DAFTAR

rpl uny

 

INFORMASI RPL UNY 2023

JADWAL

NO KEGIATAN TANGGAL
1 Pendaftaran & Unggah Portofolio 12 Juni - 14 Juli 2023
2 Seleksi Administrasi 18 Juli 2023
3 Asessmen Portofolio* 20 - 22 Juli 2023
4 Penetapan Kelulusan 25 Juli 2023
5 Penetapan Mata Kuliah ditempuh (per calon mahasiswa) 25 Juli 2023
6 Pengumuman 27 Juli 2023
7 Registrasi 27 Juli - 5 Agustus 2023

*Termasuk wawancara (jika perlu)

KRITERIA PESERTA

  1. Lulusan Program Sarjana yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun.
  2. Peserta yang pernah mengikuti kuliah Program Magister tetapi tidak selesai, baik yang memiliki pengalaman kerja maupun tidak, dibuktikan dengan Surat Keterangan Pernah Kuliah (SKPK).
  3. Lulusan Program Magister yang akan menempuh lintas prodi pada jenjang yang sama.

BIAYA PENDAFTARAN DAN PENDIDIKAN

PROGRAM PENDAFTARAN SPP/SEMESTER SPI*
Magister (S2) 600.000 11.500.000 2.500.000

*Sumbangan Pengembangan Institusi

DOKUMEN PORTOFOLIO

  1. Surat keputusan, surat keterangan, surat tugas, dan atau bukti-bukti lain yang terkait dengan tugas pekerjaan yang dilakukan;
  2. Ijazah dan atau transkip nilai bagi lulusan S1, untuk transfer kredit;
  3. Surat keterangan Pernah Kuliah (SKPK) khusus bagi calon mahasiswa yang putus kuliah untuk transfer kredit;
  4. Daftar riwayat pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan;
  5. Sertifikat kompetensi*;
  6. Sertifikat pengoperasian/lisensi yang dimiliki*;
  7. Dokumentasi aktivitas/pekerjaan yang pernah dilakukan misal dalam bentuk foto, video, pemberitaan yang dimuat secara online maupun cetak atau melalui sosial media;
  8. Sertifikat/bukti pelatihan kerja;
  9. Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan*;
  10. Referensi/Surat keterangan/Laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja/supervisor;
  11. Piagam penghargaan*;
  12. Dokumen lain yang mendukung;

*Jika memiliki

PANDUAN PENDAFTARAN

leaflet

 

the uny

unirank uny

webometric uny

QS uny

qs asean uny

x

PROGRAM MAGISTER & DOKTOR INTAKE GENAP 2023

SEGERA DIBUKA
September 2023