A. Profil Lulusan
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) ditentukan melalu mekanisme penggabungan visi akademik yang dilakukan dengan analisis Strengths, Weakness, Oppurtunities and Threats (SWOT) dan analisis kebutuhan pasar melalui tracer study kepada alumni dan juga masukan dari asosiasi profesi, pihak industri, stakeholder, pendidik, dan praktisi. Untuk itu Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) mengadakan Workshop penyusunan kurikulum yang melibatkan semua dosen di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1), alumni, praktisi, pendidik, dan asosiasi profesi. Workshop tersebut menghasilkan masukan dan pemikiran tentang kebutuhan pengguna lulusan Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1). Selanjutnya hasil kegiatan-kegiatan tersebut kemudian diolah oleh tim pengembang dan penyusun kurikulum 2013 Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) dengan menyusun profil lulusan. Adapun profil lulusan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebagai berikut. 1. Pendidik administrasi perkantoran. 2. Manajer dan praktisi administrasi perkantoran. 3. Laboran administrasi perkantoran. 4. Wirausaha meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).
B. Penguasaan Pengetahuan
Lulusan akan memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan sebagai berikut. a. Konsep sistem pembelajaran yang mencakup: perencanaan pembelajaran yang memenuhi kaidah pedagogis secara operasional dan implementasinya dalam kerangka pendidikan kejuruan bisnis manajemen. b. Pengetahuan penyusunan karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi. c. Pengetahuan prinsip-prinsip administrasi, komunikasi, manajemen, dan organisasi. d. Pengetahuan teknologi perkantoran dan informasi. e. Pengetahuan pengelolaan sumber daya. f. Pengetahuan pengelolaan bisnis kewirausahaan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition). g. Pengetahuan bahasa Inggris. h. Pengetahuan tentang metodologi penelitian. i. Pengetahuan pengelolaan laboratorium administrasi perkantoran.
C. Ketrampilan Khusus
Secara khusus lulusan akan memiliki keterampilan dalam berikut ini. a. Memfasilitasi, mengevaluasi, melaksanakan pembelajaran dan hasil belajar secara profesional, serta kemitraan komunitas dalam kerangka pelaksanaan tugas profesi guru administrasi perkantoran. b. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan prosedur berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi. c. Menganalisis dan memecahkan masalah teknis secara rutin yang berkaitan dengan kegiatan kantor dengan menerapkan prinsipprinsip efisiensi. d. Mengidentifikasi dan memecahkan masalah perkantoran saat ini dan yang akan datang dengan menggunakan prinsip, hukum, dan asas administrasi. e. Menerapkan teknologi informasi untuk mendesain sistem perkantoran. f. Memilih dan menentukan kebutuhan aktivitas kantor. g. Menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja dalam rangka kerja perkantoran.
D. Ketrampilan Umum
Secara umum lulusan akan memiliki keterampilan dalam halaman berikut. a. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan atau teknologi sesuai dengan bidang keahlian. b. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. c. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahlian berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. d. Mengelola pembelajaran secara mandiri. e. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga.