Skip to main content

Deskripsi

Berdasarkan Permendikbudristek No.41 tahun 2021 tentang RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

Tujuan

  1. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi.
  2. Mendorong masyarakat yang berbagai hal terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja kompetensi yang relevan untuk melanjutkan studi ke jenjang Pendidikan Tinggi.

 


 
uny

Daya Tampung Program RPL Jenjang Sarjana (S1) Tahun 2024/2025

1.650

icon

RPL SARJANA (S1)

Program RPL untuk jenjang Sarjana (S1) dibuka untuk 55 program studi di 7 fakultas


INFO PRODI DAFTAR

rpl uny

 

INFORMASI RPL UNY 2024

JADWAL

NO KEGIATAN TANGGAL
1 Pendaftaran & Unggah Portofolio 03 April - 16 Juli 2024
1 Seleksi Administrasi 18 - 19 Juli 2024
3 Asessmen Portofolio* 20 - 23 Juli 2024
4 Penetapan Kelulusan 25 Juli 2024
5 Penetapan Mata Kuliah ditempuh (per calon mahasiswa) 25 Juli 2024
6 Pengumuman 26 Juli 2024
7 Registrasi 26 Juli - 04 Agustus 2024

*Termasuk wawancara (jika perlu)

KRITERIA PESERTA

  1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang memiliki pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun.
  2. Lulusan D1/D2/D3/D4.
  3. Peserta yang pernah mengikuti kuliah di Program Sarjana tetapi tidak selesai yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Pernah Kuliah (SKPK).
  4. Lulusan Program Sarjana yang akan menempuh lintas prodi pada jenjang yang sama.

BIAYA PENDAFTARAN DAN PENDIDIKAN

PROGRAM PENDAFTARAN
Sarjana (S1) 600.000
*Iuran Pengembangan Institusi

DOKUMEN PORTOFOLIO

  1. Surat keputusan, surat keterangan, surat tugas, dan atau bukti-bukti lain yang terkait dengan tugas pekerjaan yang dilakukan;
  2. Ijazah dan atau transkip nilai bagi lulusan D1, D2, D3, D4, S1, untuk transfer kredit;
  3. Surat keterangan Pernah Kuliah (SKPK) khusus bagi calon mahasiswa yang putus kuliah untuk transfer kredit;
  4. Daftar riwayat pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan;
  5. Sertifikat kompetensi*;
  6. Sertifikat pengoperasian/lisensi yang dimiliki*;
  7. Dokumentasi aktivitas/pekerjaan yang pernah dilakukan misal dalam bentuk foto, video, pemberitaan yang dimuat secara online maupun cetak atau melalui sosial media;
  8. Sertifikat/bukti pelatihan kerja;
  9. Keanggotaan asosiasi profesi yang relevan*;
  10. Referensi/Surat keterangan/Laporan verifikasi pihak ketiga dari pemberi kerja/supervisor;
  11. Piagam penghargaan*;
  12. Dokumen lain yang mendukung;

*Jika memiliki

PANDUAN PENDAFTARAN

leaflet

 

the uny

unirank uny

webometric uny

QS uny

qs asean uny