Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR)

A. Profil Lulusan

Profil lulusan merupakan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi baik di masyarakat maupun di dunia kerja. Profil ini adalah outcome pendidikan yang akan dituju. Profil lulusan program studi ini akan membentuk mahasiswa yang dapat berperan menjadi 1 tenaga pendidik pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di tingkat pendidikan dasar dan menengah; 2. widyaiswara pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di tingkat pendidikan dasar dan menengah; 3. peneliti pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di tingkat pendidikan dasar dan menengah.

B. Memiliki Pengetahuan yang Komprehensif dan Terintegratif

Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi secara mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah meliputi hal-hal berikut. a. Memiliki pengetahuan penyelenggaraan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di tingkat SMP dan SMA/ SMK sederajat dengan penguasaan IPTEK pendidikan, olahraga, dan kesehatan. b. Memiliki kreasi dan improvisasi yang inovatif dan terampil dalam pengembangan strategi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat. c. Memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) menggunakan pendekatan IPTEK dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme. d. Memiliki kemampuan memberikan bimbingan konseling pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan  menengah. e. Memiliki kemampuan menganalisa, berpikir logis, dan mengembangkan pengetahuan serta pengajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. f. Memiliki kemampuan kepekaan terhadap permasalahan bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat. g. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi. h. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK).

C. Memiliki Keterampilan Secara Khusus

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. a. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan  mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK)  sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pendidikan olahraga melalui pendekatan saintifik. b. Mampu memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah. c. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan. d. Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). e. Mampu dan terampil membelajarkan konsep-konsep dalam ilmu pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK), dan mengomunikasikannya pada peserta didik. f. Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK). g. Mampu bekerja sama dengan pihak lain dalam memberikan pendidikan dan pelatihan gerak pada tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat serta anak berkebutuhan khusus. h. Memiliki kemampuan  mengelola penyelenggaraan event olahraga. i. Mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional baik secara lisan tulis, gambar, maupun media lainnya.

D.  Memiliki Keterampilan Secara Umum

a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora dalam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK). b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. c. Mampu mengkaji impliksi pengembangan atau implementasi ipteks yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengam bidang pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) berdasakan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media ilmiah. d. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif  solusi secara mandiri dan kelompok. e. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, maupun sejawat  baik di dalam maupun di luar lembaga. f. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok/ organisasi. g. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu.