Pendidikan Kepelatihan Olahraga

A. Profil Lulusan

Berdasarkan visi, misi, dan capaian pembelajaran serta hasil tracer study, para mahasiswa lulusan Prodi PKO agar dapat berperan aktif dan menjadi SDM yang berkualitas di berbagai lembaga/institusi sebagai. 1. tenaga Kependidikan kepelatihan olahraga; 2. ahli di bidang kepelatihan olahraga; 3. konsultan olahraga prestasi; 4. tenaga ahli laboratorium olahraga prestasi; 5. manajer olahraga prestasi; 6. peneliti olahraga prestasi dan Ilmu Kepelatihan; 7. konsultan sport facility & industry pada prestasi olahraga.

B.  Memiliki Pengetahuan yang Komprehensif dan Terintegratif

a.  Mampu mengusai  konsep, prinsip belajar, latihan dan gerak manusia dan juga menguasai konsep, prinsip, metode, model prosedur perencanaan latihan, pencegahan cidera, penilaian hasil latihan, latihan  mental. latihan fisik, latihan teknik, pertumbuhan fisik, pemanduan bakat, manageman waktu, untuk dapat berperan membantu dan melaksanakan sebagai pelatihan tingkat dasar. b.  Mampu  menyusun dan merencanakan berbagai program kepelatihan  yang efektif, dinamis, akurat, dan sistematis, dengan penerapan IPTEK.

C.  Memiliki Kemampuan Keterampilan Secara Umum  

a. Mampu mengaplikasikan metode kepelatihan olahraga yang dipilih berdasarkan konsep dan prinsip ilmu kepelatihan olahraga. b. Memiliki berbagai keterampilan umum dan mampu menerapkan kemampuan adaptasi pada berbagai situasi dan kondisi lingkungan olahraga prestasi.

D. Memiliki Kemampuan Keterampilan Secara Khusus

a. Memiliki keterampilan khusus cabang olahraga dan mampu mempraktikan  cabang olahraga khusus sesuai dengan kaidah yang berlaku. b. Memiliki keterampilan dan mampu menerapkan IPTEK dalam bidang kepelatihan olahraga. c. Memiliki keterampilan dan kemampuan aplikatif ilmu kepelatihan olahraga yang dipilih berbasis IT.