Pendidikan Ekonomi

A. Profil Lulusan

Profil lulusan adalah kemampuan lulusan Prodi S-1 Pendidikan Ekonomi  terkait dengan peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan di masyarakat/dunia kerja. Profil lulusan Prodi Pendidikan Ekonomi Fakulas Ekonomi UNY adalah sebagai berikut. 1. Profil utama lulusan: pendidik  bidang studi Ekonomi di SMA, MA, SMK, dan sederajat 2. Profil tambahan lulusan berupa: a. pendidik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA, MA, SMK, dan sederajat b. wirausaha pada berbagai bidang c. praktisi pada sektor UMKM dan koperasi serta lembaga keuangan Lain

B. Penguasaan Pengetahuan    

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Ekonomi wajib memiliki penguasaan pengetahuan sebagai berikut. a. Mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dalam  lingkup pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi untuk merancang dan mengelola pembelajaran ekonomi yang kreatif dan inovatif. b. Mampu mengintegrasikan ilmu ekonomi secara holistik dan berwawasan global untuk mengantisipasi kebutuhan pasar akan sumber daya manusia yang berkualitas. c. Mampu menguasai konsep dasar teori pedidikan dan pengajaran di bidang ekonomi untuk merancang, mengelola, dan melakukan evaluasi pembelajaran ekonomi. d. Mampu menguasai konsep dasar ilmu ekonomi, mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat dan menggunakannya sebagai alat untuk menyelesaikan berbagai masalah ekonomi. e. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan hasil analisis data dan informasi yang berkaitan dengan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi dan permasalahan ekonomi yang terjadi di masyarakat. f. Mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam kaitannya dengan pembelajaran ekonomi  dan ilmu ekonomi yang bisa dipertanggung jawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat luas.

C.  Penguasaan Keterampilan Khusus    

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Ekonomi wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut. a. Memahami landasan kependidikan dan peserta didik. b. Mampu mengembangkan kurikulum/silabus mata pelajaran ekonomi. c. Mampu merancang, melaksanakan, dan  mengevaluasi hasil belajar ekonomi. d. Menguasai konsep-konsep, materi dan metode disiplin keilmuan bidang studi ekonomi dan bidang yang serumpun. e. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ekonomi. f. Mampu melaksanakan penelitian berkaitan dengan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi  dan permasalahan yang terjadi di masyarakat. g. Menguasai konsep, materi dan metode pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan secara luas dan mendalam. h. Memahami konsep kewirausahaan. i. Mampu mengaplikasikan jiwa wirausaha. j. Memahami konsep ekonomi kerakyatan. k. Memahami konsep perkoperasian. l. Memahami konsep lembaga keuangan bank (konvensional atau syariah). m. Memahami konsep lembaga keuangan bukan bank  (konvensional atau syariah) termasuk pasar modal. n. Terampil mengaplikasikan prinsip-prinsip berkoperasi. o. Terampil menjadi pelaku di lembaga keuangan bank (konvensional atau syariah). p. Terampil menjadi pelaku di lembaga keuangan bukan bank (konvensional atau syariah).

D.  Rumusan Keterampilan Umum    

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Ekonomi wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut. a. Mampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai bidang keahliannya. b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. c. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. d. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. e. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. g. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.