Pendidikan Akuntansi

A. Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1) ditentukan melalu mekanisme penggabungan visi akademik yang dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Oppurtunities and Threats) dan analisis kebutuhan pasar melalui tracer study kepada alumni dan juga masukan dari guru, asosiasasi profesi, pihak industri, stakeholder dan masyarakat. Untuk itu Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1) mengadakan Workshop penyusunan kurikulum yang melibatkan semua dosen di Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1), perwakilan guru, alumni, industri, dan asosiasi profesi. Selain itu, studi banding kurikulum juga dilakukan ke Program Studi Pendidikan Akuntansi UPI Bandung pada bulan April 2014 secara langsung dan ke program studi terkait lainnya secara tidak langsung melalui komunikasi email dan sejenisnya.    Selanjutnya hasil kegiatan-kegiatan tersebut kemudian diolah oleh tim pengembang dan penyusun kurikulum 2014 Pendidikan Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi UNY dengan menyusun profil lulusan. Adapun profil lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebagai berikut. 1. Profil lulusan utama adalah pendidik mata pelajaran akuntansi SMK/MAK 2. Profil lulusan pendukung:   a. pendidik mata pelajaran Ekonomi SMA/MA;      b. pendidik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan SMA/MA/SMK/MAK;    c. staf Akuntansi.

B.  Pengetahuan

a. Memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang akuntansi untuk SMA/MA/SMK/MAK. b. Konsep sistem pembelajaran yang mencakup perencanaan pembelajaran yang memenuhi kaidah pedagogis secara operasional dan implementasinya dalam kerangka pendidikan akuntansi. c. Pengetahuan penyusunan karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data, serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi. d. Menguasai ilmu kependidikan dan konsep-konsep ilmu pengetahuan tertentu untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada life skill. e. Menguasai keilmuan dasar pendidikan akuntansi. f. Mampu mengikuti perkembangan ilmu akuntansi dan pendidikan akuntansi. g. Menguasai prinsip-prinsip ekonomi dan teori-teori dasar akuntansi. h. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler. i. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

C. Keterampilan Khusus

a. Mampu melakukan penelitian yang dapat mengembangkan layanan pendidikan akuntansi secara inter dan multidisiplin, mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasilnya. b. Memfasilitasi, mengevaluasi, melaksanakan pembelajaran dan hasil belajar secara profesional, serta kemitraan komunitas dalam kerangka pendidikan kejuruan dalam melaksanakan tugas sebagai profesi guru. c. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data, serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi. d. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan dan memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku. e. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keilmuan akuntansi dan pendidikan akuntansi. f. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya. g. Mampu melakukan riset yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan. h. Mampu merencanakan, menyusun, laporan keuangan berbasis IPTEK. i. Menguasi pemanfaatan IPTEK dalam penyelesaian masalah akuntansi.

D. Keterampilan Umum

a. Menguasi pemanfaatan IPTEK dalam pengajaran akuntansi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. b. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya. c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan dan memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku. d. Mampu melakukan riset yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan. e. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. f. Mengambil  keputusan  secara  tepat  dalam  konteks  penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. g. Mengelola pembelajaran secara mandiri. h. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. i. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. j. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. k. Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis dan adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan seni. l. Menguasi pemanfaatan IPTEK dalam pengajaran akuntansi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.