Ilmu Keolahragaan

A. Profil Lulusan

Lulusan program studi Ilmu Keolahragaan (Ikor) berhak memakai gelar sarjana olahraga (S.Or). Lulusan memiliki peluang kerja yang disesuaikan dengan konsentrasi keahlian yang dipilih (dalam bidang olahraga adaptif, kebugaran jasmani, terapi dan rehabilitasi fisik, serta manajemen olahraga). Secara umun profil lulusan Prodi Ikor FIK UNY adalah sebagai berikut. 1. Konsultan keolahragaan. 2. Manajer keolahragaan. 3. Instruktur keolahragaan. 4. Analis dan peneliti keolahragaan. 5. Tenaga Kesehatan nonmedis bidang keolahragaan.

Profil lulusan berdasarkan konsentrasi keahlian adalah sebagai berikut 1. Kebugaran Jasmani a. Konsultan/pembina kebugaran jasmani pada instansi pemerintah, TNI/Polri, swasta, dan masyarakat b. Instruktur kebugaran dan kesehatan olahraga c. Peneliti dan analis keolahragaan 2. Terapi dan Rehabilitasi Fisik a. Tenaga terapis dinas kesehatan b. Tenaga kesehatan non-medis bidang keolahragaan meliputi masseur, terapi fisik pada klub olahraga 3. Olahraga Adaptif a. Terapis dan rehabilitasi jasmani adaptif b. Tenaga rehabilitasi jasmani adaptif pada departemen sosial c. Tenaga rehabilitasi jasmani adaptif pada yayasan berkebutuhan khusus 4. Manajemen Olahraga a. Manajer fasilitas olahraga b. Manajer event organizer OR c. Reporter, wartawan OR d. Trainer out bound

B. Memiliki Pengetahuan yang Komprehensif dan Terintegratif

Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang Ilmu Keolahragaan secara mendalam, serta mampu memformulasikan untuk penyelesaian masalah yang meliputi: a. Memiliki pengetahuan penyelenggaraan olahraga kesehatan dengan penguasaan IPTEK pendidikan, olahraga, dan kesehatan. b. Menganalisis masalah-masalah olahraga yang terkait dengan masyarakat, pendidikan dan kepelatihan dalam bidang ilmu olahraga. c. Memiliki kreasi dan improvisasi yang inovatif dan terampil dalam pengembangan strategi meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat. d. Memiliki kemampuan memberikan pendidikan dan pelatihan kesehatan olahraga menggunakan pendekatan IPTEK dan strategi inovatif yang memiliki moral dan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan nasionalisme. e.  Memiliki kemampuan memberikan bimbingan dan konsultasi mengenai latihan olahraga bagi kesehatan masyarakat secara umum. f.  Memiliki kemampuan menganalisa, berpikir logis dan mengembangkan pengetahuan kesehatan olahraga bagi masyarakat. g.  Memiliki kemampuan kepekaan terhadap permasalahan bidang olahraga kesehatan pada masyarakat umum dan bagi yang berkebutuhan khusus. h.  Menguasai pengetahuan tentang latihan, teori dan metodologi olahraga kesehatan, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan sarana rekreasi untuk digunakan dengan tujuan peningkatan derajat kesehatan dan kebugaran agar dapat mengolahragakan masyarakat. i.  Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah dalam manajemen olahraga dan olahraga kesehatan.

C.  Memiliki Keterampilan  Secara Khusus

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesehatan pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi. a.   Mampu merencanakan, melaksanakan, dan  mengevaluasi kegiatan keolahragaan yang sesuai dengan karakteristik peserta, karakteristik materi olahraga kesehatan melalui pendekatan saintifik. b.  Mampu memanfaatkan berbagai fasilitas rekreasi dan latihan berbasis ipteks dan potensi lingkungan setempat sehingga masyarakat memiliki pengetahuan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan kesehatan olahraga. c.  Mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung olahraga kesehatan. d.  Mampu menyajikan beberapa alternatif  solusi  di  bidang  identifikasi,  analisis,  dan  sintesis  terhadap pemecahan masalah olahraga sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat. e.  Menyiapkan, menangani, dan mengelola hasil kajian olahraga untuk melakukan tindak lanjut. f.  Mampu dan terampil menggunakan konsep-konsep dalam ilmu kesehatan olahraga dan manajemen olahraga serta dapat mengomunikasikannya pada masyarakat dan stake holder. g.  Mampu mengembangkan semangat kewirausahaan dalam bidang ilmu kesehatan dan ilmu keolahragaan di masyarakat. h.  Mampu bekerja sama dengan pihak lain dalam memberikan pendidikan dan pelatihan gerak pada anak berkebutuhan khusus. i.  Memiliki kemampuan  mengelola penyelenggaraan event olahraga. j.  Mampu berkomunikasi dengan bahasa internasional baik secara lisan tulis, gambar, maupun media lainnya.

D. Memiliki Keterampilan Secara Umum

a.  Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ipteks yang menerapkan nilai humaniora dalam bidang ilmu keolahragaan. b.  Mampu mendiseminasikan hasil kajian penelaahan masalah olahraga yang terkait dengan masyarakat, kepelatihan dan pendidikan, dalam bidang  ilmu olahraga yang akurat dalam bentuk laporan atau kertas kerja. c.  Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. d.  Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ipteks yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengam bidang ilmu keolahragaan berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi atau media ilmiah. e.  Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif  solusi secara mandiri dan kelompok. f.  Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, dan sintesis terhadap pemecahan masalah olahraga. g.  Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan stakeholder, kolega, dan sejawat  baik di dalam maupun di luar lembaga. h. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok/organisasi. i.  Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2 serta mampu mengikuti perkembangan dan pemutakhiran ilmu.