Akuntansi

A. Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Pendidikan Akuntansi (S1) ditentukan melalu mekanisme penggabungan visi akademik yang dilakukan dengan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Oppurtunities and Threats) dan analisis kebutuhan pasar melalui tracer study kepada alumni dan juga masukan dari asosiasasi profesi (IAI), pihak industri, BPKP, BKD, Pemda, KAP dan penyelenggara perguruan tinggi lain yang memiliki Program Studi Akuntansi. Selanjutnya seluruh masukan diolah oleh tim pengembang dan penyusun kurikulum 2013 Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi UNY dengan menyusun profil lulusan. Adapun profil lulusan Program Studi Akuntansi (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta adalah sebagai berikut. 1. Profil lulusan utama adalah tenaga ahli di bidang akuntansi  2. Profil lulusan pendukung adalah wirausaha
 
Setiap lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut. a. Kompetensi Lulusan S1 Nonkependidikan 1) Memiliki integritas sebagai tenaga kependidikan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian, kritis, demokratis, kompetitif, responsif, mengembangkan wawasan kebangsaan, mandiri, dan berjiwa entrepreneur. 2) Memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai akuntan profesional pada rumpun ilmu sosial, dalam arti menguasai materi sesuai dengan bidangnya.  3) Memiliki kemampuan dan keterampilan tambahan untuk bekerja sesuai bidang ilmunya. 4) Menguasai substansi keilmuan sesuai dengan bidang keahliannya dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan itu, baik untuk kepentingan ilmu sendiri maupun untuk kepentingan pembangunan masyarakat secara umum, melalui kegiatan penelitian. 5) Memiliki keterampilan untuk menerapkan ilmu dan keahliannya di dalam kehidupan bermasyarakat. 6) Responsif dan memiliki kemampuan antisipasi terhadap setiap perubahan sosial, perkembangan ilmu, dan teknologi. b. Kompetensi Lulusan Program Studi Akuntansi    Lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai berikut. 1) Menjadi tenaga kependidikan yang profesional dan atau akademik yang menguasai ilmu akuntansi dan teknologi. 2) Memiliki sikap dan kemampuan tenaga kependidikan, profesional, dan atau akademik untuk mengembangkan ilmu akuntansi dan teknologi melalui kegiatan penelitian demi kepentingan pendidikan dan pengajaran dan atau untuk kepentingan pengembangan ilmu akuntansi itu sendiri. 3) Mampu mendorong peningkatan kemampuan tenaga kependidikan, profesional, dan atau akademik untuk mengamalkan dan mengabdikan ilmu akuntansi dan ketrampilan bagi kehidupan masyarakat baik dalam pendidikan dan pengajaran maupun bidangbidang sosial kemasyarakatan.

B. Pengetahuan a. Menguasai ilmu akuntansi konsep-konsep ilmu pengetahuan tertentu dalam pengambilan keputusan penyelesaian masalah bisnis. b. Pengetahuan penyusunan karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi, dan data, serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi. c. Mampu mengikuti perkembangan ilmu akuntansi dan isu-isu akuntansi. d. Menguasai teori-teori dasar akuntansi.

C. Keterampilan Khusus

a. Mampu melakukan penelitian yang dapat mengembangkan ilmu akuntansi secara inter dan multidisiplin dan mengembangkan karya inovatif, serta mengomunikasikan hasilnya. b. Menyusun karya ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan masalah dan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi akuntan. c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang akuntansi dan memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku. d. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada dibawah tanggung jawab bidang keilmuan akuntansi. e. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya. f. Mampu melakukan riset yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan. g. Mampu merencanakan, menyusun, laporan keuangan berbasis IPTEK. h. Menguasi pemanfaatan IPTEK dalam penyelesaian masalah akuntansi.

Keterampilan Umum a. Menguasai pemanfaatan IPTEK dalam pengajaran akuntansi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. b. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya. c. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan dan memberikan saran kepada teman sejawat serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku. d. Mampu melakukan riset yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan. e. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. f. Mengambil keputusan  secara  tepat  dalam  konteks  penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data. g. Mengelola pembelajaran secara mandiri. h. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. i. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. j. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. k. Menumbuhkembangkan karakter kemandirian yang didukung oleh sikap kritis dan adaptif terhadap perkembangan ilmu, teknologi, dan seni. l. Menguasai pemanfaatan IPTEK di bidang akuntansi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.